Sman 1 Raha Juara 1 LCC MPR RI

SMAN 1 Raha akan mewakili Sultra dalam lomba cerdas cermat (LCC) MPR RI. Setelah mengalahkan 17 sekolah tingkat SMA/SMK/MA se-Sultra untuk mengikuti LCC tingkat nasional di Jakarta.
Perlombaan ini merupakan program tahunan MPR RI, yang diselenggarakan di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dilakukan sebagai sarana penanaman nilai 4 pilar yaitu pancasila, UUD 1945, NKRI, dan bhineka tunggal ika.
Dalam lomba tersebut turut hadir perwakilan anggota MPR RI, Ibrahim Sakty Batubara,M.AP., dari fraksi PAN dan Dra. Sri Wahyuni dari fraksi PDIP sebagai anggota tim juri.
LCC ini adalah media atau sarana untuk menanamkan dan mensosialisasikan nilai 4 pilar pada anak didik. Selain LCC, ada tiga program lain dari MPR yang bergerak dalam peningkatan mutu pendidikan, yaitu lomba membuat tulis karya ilmiah, dan training of trainer (TOT).
Sekolah yang diikutkan dalam LCC adalah seluruh sekolah swasta maupun negeri yang tersebar di Sultra. Lomba ini terselenggara karena adanya kerja sama antara panitia bersama sekretariat jendral MPR RI dengan dinas pendidikan nasional provinsi Sultra. Dinas inilah yang berperan dalam perekrutan peserta di wilayah Sultra.
Sebanyak 18 sekolah yang ikut lomba hari ini (kemarin, red). Dari lomba tingkat provinsi ini akan dicari satu sekolah yang akan mewakili Sultra ke tingkat nasional. Rencananya akan digelar pada bulan September tahun ini di Jakarta.

Lebih lanjut dijelaskan, program MRP ini sengaja diberikan guna sebagai bentuk pemahaman menyeluruh pada generasi bangsa. "Program ini bernilai positif untuk anak-anak sekolah agar mereka bisa memahami unsur-unsur konstruksi bangsa sejak dini," kata kepala biro sekretaris pimpinan setjen MPR ini.
Ibrahim juga menambahkan, dengan terselenggarakannya kegiatan tersebut selain memberikan pemahaman pada generasi muda mengenai pilar-pilar bangsa. Lebih dari itu, juga dapat dijadikan sebagai perekat antar bangsa. "Eksistensi kita akan tercapai dengan memahami 4 pilar bangsa, kalau ini dipahami bersama, insya Allah persatuan akan tetap terjaga," katanya.
Perlombaan tersebut berlangsung dalam dua hari, terhitung 22 s.d 23 Februari, dan bertempat di auditorium mokodompit Unhalu. Peraih juara 1 yang akan wakili Sultra mendapatkan penghargaan, piala dan plakat dari MPR RI. (*)
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. de Tulatula - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger